Berapa Sih Penghasilan Pemain Sepakbola dari yang Biasa Hingga Mega Bintang?

Urusan gaji seorang pemain sepakbola memang selalu menarik diangkat. Yang paling sering dibicarakan adalah jumlah gaji pemain kelas dunia yang rincian angkanya pun nyaris tak pernah terbayangkan oleh orang-orang biasa seperti kita ini. Yang jadi pertanyaan adalah berapa sih sebenarnya nilai gaji seorang pemain sepakbola yang, katakanlah, biasa saja. Kategori biasa ini mungkin dari level profesional tapi kelasnya rendah jika dibandingkan pada para pemain mega bintang. Ya katakan saja misalnya gaji para pemain di liga Indonesia. Nah, harusnya kamu tertarik berapa sih nominal gaji pemain bola biasa, sampai pada tingkatan angka yang gila-gilaan dari seorang pemain mega bintang.

Gaji Pemain Bola Indonesia

Gaji Pemain Bola Indonesia

Kita awali dari gaji pemain bola biasa di Indonesia. Sebetulnya cukup susah juga mencari tahu berapa nominal rata-rata dari seorang pemain sepakbola dengan level biasa di negeri ini. Setidaknya kita bisa mengambil satu contoh dari ajang kompetisi tahun lalu yaitu ISC (Indonesian Soccer Championship).

Ternyata untuk ajang kompetisi tersebut, ada aturan khusus yang berkaitan pembatasan angka maksimal yang bisa dikeluarkan oleh sebuah klub. Kabarnya, selama satu musim kompetisi, pengeluaran paling rendah sebesar 5 milyar rupiah, sedangkan pengeluaran terbesar dibatasi sampai nilai 10 milyar rupiah. Perhitungan kasarnya, sebuah klub setidaknya punya anggaran paling kecil 500 juta rupiah untuk total gaji seluruh pemain. Kalau dirata-rata pembagiannya, masing-masing pemain memperoleh gaji paling kecil sebesar 5 juta rupiah setiap bulannya.

Sedangkan untuk Indonesia Super League tentu perhitungannya beda lagi. Sekitar tahun lalu, yaitu para pemain sepakbola baik yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri yang berkarir di ISL menerima pemasukan yang lumayan juga setiap tahunnya. Misalnya adalah Han Dong-won, pemain berkebangsaan Korea Selatan. Ia sempat berkarir di Persib dan kemudian lanjut ke Persijap. Gaji yang ia terima kabarnya mencapai 1,38 milyar rupiah.

Lain halnya dengan Bambang Pamungkas. Pemain Persija sekaligus yang populer di Indonesia ini menerima gaji sebesar 1,18 milyar rupiah. Nominal yang diterima oleh salah satu pemain terbaik Asia versi ESPN tersebut mungkin saja sudah berubah untuk tahun ini. Pemain lokal lain yang memiliki gaji lumayan adalah Talaohu Abdul Musyafri. Pemain yang berkarir di Sriwijaya FC ini menerima gaji sejumlah 1,14 milyar setiap tahunnya. Eric Djemba-Djemba sejak tahun 2015 berkarir di Indonesia tepatnya di Persebaya. Pemain yang sudah sering pindah klub di berbagai negara ini kabarnya menerima gaji tahunan sebesar 1,07 milyar.

Catatan atas data gaji di atas barangkali sudah mengalami perubahan karena tergantung dari kompetisi dan jumlah anggaran dari masing-masing klub. Namun jika dibandingkan dari level pemain biasa hingga pemain lokal dan asing yang berkarir di Indonesia, setidaknya ada perbedaan yang tegas. Namun rata-rata dari semua jumlah gaji itu akan sangat jauh apabila kita bandingkan lagi pada jumlah gaji dari para pemain megabintang misalnya Messi dan Ronaldo. Berapa sih besarnya gaji mereka? Yuk kita lihat di bawah ini.

Gaji Para Mega Bintang

Gaji Para Mega Bintang

Banyak pemain yang masuk dalam kategori mega bintang. Pemain mega bintang adalah mereka yang berkarir di klub besar Eropa. Liga-liga di Eropa memang menjadi sorotan dalam hal industri sepakbola dengan perputaran modal yang gila-gilaan jumlahnya. Di sana pula kita selalu menjumpai para pemain tenar dan bergaji besar yang pada umumnya malah tidak berasal dari Benua Eropa.

Para pemain mega bintang itu pun identik dengan karir mereka yang panjang di sebuah klub besar. Sudah pasti hal wajar karena orang pastinya bakal semakin betah berkarir jika penghasilannya dikatakan sangat lebih dari cukup dan masih ada banyak tambahan bonus yang ia terima sesuai prestasi.

Dimulai dari Luis Suarez yang menjadi salah satu kunci penting di Barcelona. Ia ditandemkan bersama Messi dan Neymar sebagai pilar-pilar utama di Barca. Gajinya  selama seminggu berjumlah 205.000 poundsterling. Totalkan saja dalam hitungan bulanan hingga tahunan berapa yang sudah ia kumpulkan selama menjadi pemain di Barcelona. Itu masih belum ditambah bonus dan sumber pemasukan lainnya.

Bagaimana dengan gaji Neymar? Ia sering diramalkan menjadi pemain penggantinya Messi di masa depan. Sudah banyak pula pihak yang mengincarnya, tetapi ia nampaknya masih betah di Barcelona dengan nilai gaji 220.000 poundsterling setiap minggu.

Sergio Aguero pun termasuk sebagai salah satu pemain dengan pendapatan yang tinggi. Didatangkan oleh Manchester City, ia menyandang predikat sebagai salah satu bomber terbaik dan penuh ancaman. Gajinya setiap minggu diperkirakan mencapai 230.000 poundsterling. Dan nilai itu dirasa sangat sebanding dan sebagian malah menganggapnya kurang karena peran pentingnya dalam skuad Citizens.

Pemain Citizens lainnya adalah Yaya Toure dengan penghasilan selama seminggu mendapatkan 230.000 poundsterling. Ia memperoleh gaji tersebut meski sempat dikhawatirkan karena usianya yang sudah tidak muda lagi. Terbukti ia masih bisa menunjukkan ketajamannya dan membuktikan bahwa perolehan gajinya sebanding dengan penampilannya.

Nama Zlatan Ibrahimovic tentu harus disebut kalau ngomongin gaji pemain mega bintang. Tahun lalu, ia menerima gaji sebesar 250.000 poundsterling setiap minggu. Bersama dirinyalah PSG nyaris mendominasi liga di Prancis.

Wayne Rooney pun layak menerima gaji dengan jumlah yang sama dengan Ibrahimovic. Rooney sudah membela MU semenjak tahun 2004. Dan bersama klubnya, ia menunjukkan penampilan dinamis yang lama kelamaan membentuk karakteristiknya yang kian matang. Gaji sebesar 250.000 poundsterling setiap minggu inilah yang membuatnya menjadi salah satu pemain mega bintang.

Sudah pasti nama seperti Lionel Messi dan Christiano Ronaldo menjadi puncak perbicangan untuk topik siapa pemain bola mega bintang yang punya penghasilan terbesar. Kedua pemain ini memang kerap dihadapkan pada posisi yang saling bersaing apalagi dari dua klub besar yang punya rivalitas sepanjang sejarah.

Gaji yang diterima Messi selama seminggu mencapai 275.000 poundsterling. Ia adalah pemain yang satu-satunya sampai hari ini menerima penghargaan Ballon d’Or. Sehingga reputasinya semakin kuat saja dan menjadi kunci paling penting di Barcelona. Ia bersama Barcelona sudah meraih segudang prestasi dan catatan luar biasa baik sebagai pencetak gol produktif hingga skillnya di atas lapangan.

Sayangnya, pendapatan yang diterima Messi itu kalah saing dengan apa yang sudah diperoleh oleh Christiano Ronaldo. Jumlah gaji mingguan sebesar 288.000 setiap minggu yang ia terima otomatis menggeser Messi sebagai pemain bola dunia dengan gaji termahal di peringkat dua. Ronaldo memang sangat pantas menerima itu. Bersama Manchester United kemudian Real Madrid, ia menunjukkan karakter yang disiplin dan selalu meningkatkan kualitas dirinya. Messi memang unggul dari prestasinya memperoleh lima kali penghargaan Ballon d’Or. Sedangkan Ronaldo baru tiga kali menerima penghargaan tersebut. Tetapi dilihat dari pencapaiannya, Ronaldo memang pantas mendapatkan predikat pemain bola termahal di dunia saat ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *